MUSIBAH DAN SENYUMAN

7.11.2009

Musibah berasal dari kata ashaaba, yushiibu, mushiibatan yang berarti segala yang menimpa pada sesuatu baik berupa kesenangan maupun kesusahan. Namun, umumnya dipahami musibah selalu identik dengan kesusahan
Tentu saja cobaan dan musibah itu bukanlah yang indah untuk dijalani. Namun jika kita mau melihat dari sudut pandang yang lain, ketika kita berada didasar putaran roda, hanya ada 1 arah berikutnya : berputar naik keatas. Sesuatu yang perlu kita syukuri. Justru orang-orang yang diataslah yang perlu ketakutan. Karena dipuncak roda, hanya ada 1 arah : berputar turun kebawah.

Cobaan, musibah dengan kebahagiaan dan kesenangan ibarat sebuah koin mata uang. Mereka adalah kekasih sejati. Musibah yang hadir bertubi-tubi dan menyentuh seluruh lini kehidupan kita : keluarga, cinta, rejeki, dll, itu adalah pertanda Tuhan tengah memberikan kesempatan kita untuk upgrade, untuk masuk ke tahap berikutnya yang lebih tinggi. Bahwa ketika musibah dan cobaan itu datang, itu pertanda bahwa dimata Tuhan, kita sudah layak naik ke tahap pemahaman berikutnya, jika kita mampu melaluinya dengan baik.

Senyum adalah sesuatu yang sangat mudah dilakukan, tidak perlu biaya, tidak perlu tenaga yang besar dan itu sudah bisa menjadi hadiah buat orang lain, hebat kan :). Dan ada ungkapan yang sering kita dengar bahwa senyum itu adalah ibadah. Benar… dalam ajaran Islam, senyum dianggap sebagai suatu ibadah dimana Rasulullah SAW bersabda, “Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah,” (HR Muslim).

Jadi dengan memberikan senyuman sama dengan bersedekah, dan bersedakah itu adalah ibadah yang sangat luar biasa manfaatnya. Senyum adalah sedekah karena orang yang tersenyum adalah orang yang mampu memberikan rasa senang, bahagia, aman dan rasa persahabatan kepada orang lain. Senyum juga menggambarkan karakter si pemberi senyum bahwa dia mempunyai sifat lembut, ramah, dan bersahaja.

Suatu hari Rasulullah SAW berpesan, “Janganlah kalian menganggap remeh kebaikan itu, walaupun itu hanya bermuka cerah kepada orang lain.” (HR Muslim).
Orang yang selalu bermuka cerah, tentu akan membuat hari-hari menjadi terasa cerah juga dan akan mendapatkan tempat yang disukai oleh banyak orang.

Sahabat,
Walau sekarang kita dalam kondisi punya masalah, maka tetap hadapilah dengan senyuman, karena dengan senyuman akan memberikan spirit baru bagi kita, bisa memotivasi diri sehingga kita akan berusaha untuk hadapi semua masalah yang ada dihadapan. Senyum, bisa membuat detik yang berjalan terasa bermakna.

Renungkanlah pesan Ilahi berikut:
"Sesungguhnya kami telah jadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan baginya, karena Kami hendak memberi cobaan kepada mereka, siapakah di antara mereka yang paling baik amalnya." (QS Al−Kahfi (18): 7)
"bukankah kami telah melapangkan untukmu dadamu? Dan kami telah menghilangkan dari padamu bebanmu, yang memberatkan punggungmu? Dan kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu [15:86]"

Sahabat,
Bila detik ini sebuah musibah hinggap dalam kehidupanmu, apakah yang akan kau lakukan? Inilah pilihan terbaiknya; hadapi dengan kesabaran, yakinlah bahwa akan ada banyak hikmah dan karunia yang disembunyikan Allah di baliknya dan bersyukurlah serta tetaplah tersenyum !.
Sahabat, senyumki' dulue...^_^
Image Hosted by UploadHouse.com

1 komentar:

SB mengatakan...

Mulai sekarang, akan selalu seutas senyum yang menghias wajahnya Andi Has ^_^

Posting Komentar

 
 
 

SEKEDAR INFO

di blog yang sederhana ini ternyata:

buah torehan telah ditulis
buah nasehat telah masuk


KOMENTATOR

Widget by

KOMENTAR TERAKHIR

VIA:

 
Copyright © Diary Aktivis