MAAG KRONIS DAPAT MEYEBABKAN KANKER LAMBUNG

8.13.2009


Hati hati bagi rekan-rekan yang sering mengalami sakit pada bagian perut yang disebabkan oleh Maag. karena ada relasi yang cukup kuat antara sakit Maag dengan Kanker lambung (Stomach Cancer). Menurut penelitian beberapa ahli kesehatan, Maag kronis memang bisa menyebabkan kanker lambung (Stomach Cancer). Salah satu peneliti tersebut adalah Ingrid S. Waspodo, Beliau menyatakan bahwa salah satu penyebab Kanker lambung (Stomach Cancer) adalah Maag yang Kronis.

Sakit Maag disebabkan oleh Tukak lambung, Tukak lambung adalah luka pada lapisan lambung atau usus dua belas jari, Salah satu penyebab dari tukak lambung ini adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri, tetapi tukak atau luka bisa pula disebabkan penggunaan obat- obatan non-steroidal anti-inflammatory agents (NSAIDs) contohnya Aspirin dan obat-obatan sejenis itu.

Salah satu bakteri penyebab tukak lambung adalah H Pylory, Bakteri H pylori sebenarnya bakteri yang tidak tahan asam, namun bakteri jenis ini dapat mengamankan dirinya pada lapisan lambung (lapisan mukosa). Keberadaan bakteri tersebut yang membenamkan dirinya pada lapisan mukosa lambung dapat menyebabkan lapisan lambung melemah dan rapuh sehingga asam lambung dapat menembus bagian tersebut. Dengan demikian, baik asam lambung maupun bakteri melukai lapisan lambung sehingga terbentuk luka atau tukak. Sistem kekebalan tubuh akan merespons infeksi bakteri H pylori tersebut dengan mengirimkan butir-butir darah putih, sel T killer, dan pelawan infeksi lainnya. Namun demikian, semuanya tidak dapat melawan infeksi yang disebabkan bakteri H pylori tersebut sebab tidak dapat mencapai lapisan mukosa lambung, akan tetapi tetapi juga tidak bisa dibuang sehingga respons kekebalan terus meningkat dan tumbuh. Polymorph mati dan mengeluarkan senyawa perusak radikal superoksida pada sel lapisan lambung. Nutrisi ekstra dikirim untuk menguatkan sel butir darah putih dan merupakan sumber nutrisi juga bagi H pylori.
Dalam beberapa hari, gastritis dan bahkan tukak lambung akan terbentuk. Dengan demikian, bisa saja tidak hanya H pylori sendiri penyebab tukak lambung, tetapi inflamasi/peradangan lapisan lambung terjadi sebagai respons terhadap infeksi H pylori.

Para peneliti di Inggris telah menemukan “benang merah” antara infeksi H pylori dan berkembangnya kanker lambung. Usia di atas 45 tahun bagi yang terinfeksi bakteri ini rentan terkena kanker lambung. Alarm seperti perdarahan di dubur, kehilangan berat badan, menderita anemia, sakit kuning, berlatar belakang keluarga penderita kanker lambung, pernah menderita tukak lambung, dan anoreksia patut diwaspadai.
Pada tahun 1994, H pylori disebut sebagai grade 1 carcinogen, karsinogen kelas I oleh WHO, dan hasil riset mutakhir membenarkan peranan H pylori sebagai patogen bagi kanker lambung pada hewan percobaan.

Nah rekan-rekan mulai saat ini kita mesti waspada terhadap yang namanya Maag jangan dianggap enteng, karena ternyata hal tersebut dapat menyebabkan penyakit yang sungguh parah dan berbahaya, mulai saat ini tetap jagalah kesehatan teratur istirahat dan pola makan yang sehat.

(Dari berbagai sumber)


Image Hosted by UploadHouse.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

SEKEDAR INFO

di blog yang sederhana ini ternyata:

buah torehan telah ditulis
buah nasehat telah masuk


KOMENTATOR

Widget by

KOMENTAR TERAKHIR

VIA:

 
Copyright © Diary Aktivis