MENGENAL PENYAKIT MAAG

8.13.2009

Maag sebuah nama penyakit yang sering kita dengar, banyak sekali orang yang terkena penyakit ini mungkin juga temasuk anda. Jika anda penderita sakit maag maupun yang tidak sebaiknya anda membaca artikel ini, karena siapa tahu bisa membantu anda menyembuhkan penyakit maag yang anda derita ataupun mencegah agar diri anda tidak terkena sakit maag.

Biarpun sakit maag kelihatan ringan namun ada juga mempunyai efek yang sangat parah, seperti teman saya yang mempunyai sakit maag kronis, dimana jika ia telat makan sedikit atau makan makanan yang merangsang lambung, seperti makanan pedas atau berlemak maka sakit maagnya akan kambuh, dan efeknya lumayan parah bisa menyebabkan demam, keringat dingin, muntah, tidak bisa berjalan dan sampai tidak masuk kerja beberapa hari. Setelah ia berobat ke dokter ternyata diketahui bahwa lambungnya sudah penuh dengan luka akibat iritasi asam lambung, sungguh mengerikan bukan jika lambung anda penuh dengan luka.

Maag adalah penyakit yang sering di derita dengan keluhan sakit atau perih pada perut. Seseorang yang mengeluh rasa tidak enak di perut bagian atas, mual, demam, pedih di lambung sebelum dan sesudah makan, terutama pada saat perut kosong, maka bisa dipastikan orang tersebut menderita sakit maag. Penyakit maag dapat ditimbulkan oleh berbagai keadaan yang pelik sehingga mengaktifkan rangsangan/iritasi mukosa lambung secara terus menerus oleh asam lambung, terutama pada saat keadaan emosi, ketegangan pikiran dan tidak teraturnya jam makan.

Faktor-faktor pencetus
Selain kebiasaan atau jam makan yang tidak teratur serta konsumsi makanan yang merangsang produksi asam lambung, stres juga merupakan salah satu faktor pencetus penyakit maag. Selain itu kadang-kadang obat-obat tertentu yang mngandung aspirin, obatobat reumatik dan golongan kortikosteroid dapat mencetuskan penyakit maag bila lmbung penderitanya terlalu peka terhadap bahan-bahan obat itu. Obat penurun panas, jika diminum tidak sesuai dengan aturan bisa saja menimbulkan rasa sakit pada perut terutama lambung.

Sakit maag dapat timbul atau menyerang segala usia, mulai anak-anak hingga usia tua. Faktor utamanya adalah mereka yang tidak teratur waktu jam makannya. Berdasarkan jenis kelamin, wanita lebih sering terkena sakit maag, hal ini disebabkan mungkin diet terlalu ketat karena takut gemuk, makan tidak teratur, selain itu wanita umumnya lebih emosional daripada pria. Berdasarkan jenis pekerjaan, pekerjaan tertentu tidak secara langsung berpengaruh terhadap timbulnya sakit maag. Yang menjdi masalah adalah karena kesibukan sering terlambat makan atau bisa lupa makan dan orang yang struktur emosinya labil dan mendapat tekanan yang bertubi-tubi di tempat ia bekerja.

Orang yang stres sering melarikan diri dari problem-problem yang menghimpitnya dengan merokok tak henti hentinya, minum minuman keras, atau mengkonsumsi makanan/minuman yang merangsang (seperti makanan pedas, berlemak atau minuman bersoda). Akibatnya, produksi asam lambung akan meningkat dengan cepat. Inilah sebabnya mengapa penderita sering mengeluh perut kembung, rasa cepat kenyang atau rasa penuh/sesak sewaktu makan dan muntah-muntah.

Diagnosis
Untuk mendiagnosis sakit maag pada pasien dengan keluhan-keluhan di atas tidak terlalu sulit. Tapi kadang-kadang diperlukan pemeriksaan lebih lanut, yaitu pemeriksaan rontgen lambung/usus 12 jari. Bisa juga dilakukan dengan endoskopi, yaitu sebuah alat optik yang dimasukkan melalui mulut ke lambung.

Penyembuhan
Berbagai obat dapat digunakan untuk mengobati sakit maag misalnya antasida, yaitu obat yang berfungsi menetralisir asam lambung. Demikian juga obat-obat sitoprotektif yang melindungi permukaan lambung terhadap asam lambung. Atau juga dengan cara alami yakni memakan petai. Selain itu, dapat juga ditambahkan obat-obat pembantu yang berguna untuk menhilangkan rasa mual, kembung, mulas dan sebagainya.

Selain penyembuhan dengan obat-obatan, satu hal lagi yang menurut saya sangat penting adalah hindari faktor pencetus sakit maag, karena dengan menghindari faktor pencetusnya maka sakit maag bisa kita hindari sehingga hidup kita akan terasa lebih enak dan nyaman tanpa harus menahan rasa perih di perut.


Image Hosted by UploadHouse.com


2 komentar:

cici_silent mengatakan...

Penyakit maag memang identik dengan masalah psikologis, kebanyakan penyebabnya adalah stress. Yuk, jauhi stress! ;)

Anonim mengatakan...

qw caca
qw puny skt maag kronis,,rasanyu sungguh menyakitkan saat maag qw kambuh...qw paling gak bisa nahan rtasa sakit saat sakit qw kambuh..qw kalau sedang kamb uh sering muntah_muntah setelah makan,,,terasa pusing,,rasanya cuma haus dan haaus..

Posting Komentar

 
 
 

SEKEDAR INFO

di blog yang sederhana ini ternyata:

buah torehan telah ditulis
buah nasehat telah masuk


KOMENTATOR

Widget by

KOMENTAR TERAKHIR

VIA:

 
Copyright © Diary Aktivis