Bagaimana melindungi blog dari pencurian kode sourcenya?

2.20.2009

Bagaimana melindungi blog kita dari pencurian kode source nya? Pertanyaan ini timbul ketika aku blog walking ke beberapa blog. Ternyata beberapa widgetnya sama persis dengan yang di blogku.
Bukannya pelit untuk berbagi kode javascript, tapi aku nggak suka cara seperti ini ( mengambil kode Javascript tanpa sepengetahuan pemilik blog). Aku juga biasa melakukannya,namun tak lupa aku tinggalkan pesan di blog itu kalo aku ambil kode scriptnya.
Kembali ke pembahasan awal. Yang membuat aku jengkel adalah kode javascript di copas begitu saja. Tanpa mengalami pengeditan. Padahal, kode-kode seperti itu aku dapatkan dari blogwalking yang lama dan googling tentang tips dan trik ngeblog. Rekan-rekan blogger bisa membayangkan berapa lama waktu yang aku butuhkan untuk semua itu. Dengan mudahnya, "orang-orang itu" mencaplok seenaknya. yang lebih mengherankan lagi, selama ini aku di anggap tak berarti. Diacuhkan. Ternyata mereka butuh juga dengan tips dan trik itu. Ataukah mereka malu mengakui keberhasilanku di dunia googling? Semoga saja aku tidak sombong. Judul postingan ini, sebenarnya jawabannya telah ada. Silahkan googling.
Maaf postingan ini, penuh dengan emosi. Aku tidak mengharapkan penghargaan atas semua ini.
Justru aku senang menshare ilmu tentang dunia blogging. Bagi yang keberatan dengan postingan ini, aku minta maaf. Aku nggak bermaksud apa-apa.

(Menjelang maghrib, Makassar 20 Feb 2009)
Image Hosted by UploadHouse.com

5 komentar:

BINTANG KEADILAN mengatakan...

tetap semangatt ikhwan tangguh!

mif mengatakan...

Hahaha... Antum lucu sekali akhi. Seumur-umur jadi programmer, baru saya lihat komentar selucu dan seaneh ini.

Yang mencari script kesana kemari dan googling tentang tips & trik blogging kan tidak hanya antum. Bahkan boleh jadi mereka itu juga mengambil sumber yang sama dengan sumber-sumber yang antum ambil.

Itulah yang namanya dunia opensource. Kalau antum tidak senang script antum dicopy-copy, sebaiknya di-bundle lalu ditawarkan untuk dijual dengan lisensi.

Atau cara lain biar antum merasa 'lebih dihargai', coba mem-bundle/mem-paket-kan karya antum dalam sebuah tema (theme) atau template Wordpress, lalu taruh link-nya di website tempat dimana orang memang mencari templates/themes wordpress seperti www.wordpress.org.

Di dalam file bundling (bisa di-zip atau rar) itu, antum bisa cantumkan nama antum sebagai pembuatnya.

Oh, satu lagi saran. Selama antum pakai kode2 HTML dan Javascript atau CSS sebagai stylenya, maka selama itu pula nggak pernah ada cara untuk melindungi source code antum (hehe.. cobalah belajar lebih banyak lagi tentang HTML & Javascript).

Kalau mau, sekalian saja pakai Adobe Flash Professional untuk membuat blog antum, akhi. Baru deh, nggak akan ada orang yang bisa lihat sourcecodenya :D... peace...

Udah ah, jangan bikin saya ketawa lagi. hehehe... peace lagi deh...

file mengatakan...

Ya allah ,kok marah marah sech ,seseorang yang mengaku muslim semustinya belajar lebih ikhlas,lebih baik tangan diatas dari pada tangan dibawah, mencoba menjauhkan ria kecil dari hati sendiri apalagi mulai ria kepada orang lain audzubilah, astagfirlah ya allah ampunkan rasa ria sahabat hamba beri lebih banyak anugrah buat pikirannya ,lapangkan rezekinya ,tambahkan ilmunya agar ia lebih dekat kepadamu ya allah, ingat sahabat diatas langit masih ada langit ,malu kita ama orang luar mereka selalu mau membagikan hasil karyanya secara terbuka kepada orang lain,bahkan sekarangpun kita menggunakna hasil karya mereka ,mau ditaruh dimana wajah kita atas kebanggaan kita, banyaj teman yang mau membagikan karyanya lihat saja www.o-om.com, sadarlarlah wahai sahabat !!!!!!!! i luv u

andi has mengatakan...

@ file: terima kasih telah mengingatkanku sahabat. Postingan ini memang mengandung kekhilafan. Seandainya engkau tahu apa yang terjadi yang sebenarnya, mungkin engkau akan memahami posisiku sahabat.Tpi sudahlah...sekarang aku ingin belajar menjadi lebih baik. Sekali lagi terima kasih karena masih mengingatkanku. Happy blogging

ian mengatakan...

tapi emank gimana mas ngelindungi kode source biar gak dicopy?

Posting Komentar

 
 
 

SEKEDAR INFO

di blog yang sederhana ini ternyata:

buah torehan telah ditulis
buah nasehat telah masuk


KOMENTATOR

Widget by

KOMENTAR TERAKHIR

VIA:

 
Copyright © Diary Aktivis