KELUARGAKU

2.15.2009

Sahabat, aku ingin menceritakan sedikit tentang keluargaku. Sebuah keluarga miskin yang hidup di desa terpencil, jauh dari keramaian kota.

1. Opuku
Opu adalah istilah atau sebutan lain seorang ayah di daerahku. Semacam gelar adat bagi keturunan bangsawan (ANDI). Opuku bernama lengkap Andi Gartapati. Pria kelahiran 1959 ini adalah petarung kehidupan. Anak bungsu dari 9 bersaudara. Opuku, pria yang mempunya integritas tinggi, walaupun hanya tamatan STN, sederajat dengan SMP saat ini. Beliau selalu punya impian untuk menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang pendidikan tinggi. Meskipun kehidupan ekonomi keluarga kami jauh dari standar sejahtera. Opuku, laki-laki yang tegar,punya obsesi tinggi kalau kelak anak-anaknya akan menjadi orang-orang yang sukses.Dia rela, berpanaskan terik dan bermandikan hujan di kala siang, berselimutkan dingin di kala malam, demi mencari nafkah buat keluarga. Mata pencaharian pokoknya adalah nelayan. Aku biasa khawatir, di saat hujan tengah malam, petir menyambar dan opuku masih ada di laut. Sungguh opuku adalah pejuang tangguh.

2. Ibuku
Wanita yang melahirkanku, mendidik dan menyayangiku bersama opuku. Wanita yang penuh kasih sayang, tempat curhat anak- anaknya. Ibuku, tak pernah merasa nyaman kalau salah satu anaknya belum pulang sekolah. Orang tua yang sangat khawatir bila salah satu anaknya sakit. Rela begadang sampai pagi menunggui anaknya yang sakit. Ibuku, mendahulukan kebutuhan anak- anaknya di banding kebutuhannya. Kasih sayangnya tak pernah pudar. Nurhaeda, itulah nama lengkap ibuku.

3. Kakakku
Lahir sebagai anak pertama, tepatnya 1 Januari 1983. Sebagai anak tertua, dia menjadi tulang punggung keluarga. Selepas SMA, dia langsung melamar kerja di salah perusahaan kayu lapis di daerahku. Sampai saat ini, dia menjadi penopang keluargaku. Penyabar dan tak banyak bicara adalah karakter yang melekat padanya. Kakakku, dia sangat menyayangi adik-adiknya. Semoga Allah selalu memberikan kekuatan dan kesehatan untuk Andi Hasanuddin, kakakku tercinta.
4. Aku
Anak kedua dalam keluarga. Semenjak SMP jarang tinggal di rumah, sampai-sampai banyak kerabat yang tak mengenalku. Hehehe
5. Adikku ( ANDI HASJIDL)
Dia adikku yang paling usil. Tapi di balik keusilannya, dia adalah pekerja keras. Selalu membantu opuku di kebun atau biasa juga melaut bersama opuku. Aktivitasnya saat ini, pegawai sukarela di kantor kelurahan. Cukup cerdas, pernah menjadi juara kelas semenjak kelas 1 SD sampai kelas 6 SD. Tamat SMA tahun 2007.
6. Adikku lagi ( ANDI TENRI)
Cewek cerewet dalam rumahku. Mulai memakai jilbab ketika masuk SMK. Dia yang membantu pekerjaan rumah. Mulai dari menyapu, cuci piring sampai mencuci pakaian saudara- saudaranya. Menyelesaikan pendidikannya di SMKN 1 PALOPO tahun 2008.
7. Adikku lagi ( ANDI HAJAR)
Anak kelima dalam keluarga. Agak sedikit nakal tapi dia cerdas. Semenjak SD sampai sekarang ( Kelas 2 SMA), dia selalu juara kelas. Sekarang menjabat sebagai ketua OSIS di SMAN 1 BUA.
8. Bidadari kecilku
Si bungsu yang cadel. Masuk SD tahun ini. Beberapa waktu yang lalu, saat penerimaan raport, dia mendapat rangking 1 alias juara kelas. Anaknya manja. Lahir 7 September 2002. Angka 7 sama dengan tanggal lahirku, bulan kelahirannya sama dengan bulan kelahiran Andi Hajar (september), harinya sama dengan hari kelahiran kakakku yaitu sabtu.ANDI TIARA, bidadari kecilku yang mungil

Itulah sedikit gambaran dari keluargaku. Beranggotakan 8 orang, sama dengan angka PKS di pemilu 2009. hehehe
Image Hosted by UploadHouse.com


6 komentar:

Bang Izz mengatakan...

Masya Alloh akhi...

ini sudah bs jadi proposal nikah antum nie...

selamat ya...

wakakakkakak....

selalusemangat mengatakan...

keluarga bahagia...

pea kadangkeng mengatakan...

hebat ... !!!

NN mengatakan...

Luar Biasa :)
Lengkap Banget tuh..hhehehe

mandalaband mengatakan...

anak palopo mencoba peruntungan di belantika musik indonesia
klik disini untuk mendengarkan dan download lagu dari mandalaband
http://music.dondandon.com/members/1866/audio.php

BLEKENYEK mengatakan...

muuuuuuuuuuuaaaannntttaaaaaaaaaaaaaaaaaaaap bro......tengok2 aku dong di http://blekenyek.blogspot.com/ aku tunggu lo

Posting Komentar

 
 
 

SEKEDAR INFO

di blog yang sederhana ini ternyata:

buah torehan telah ditulis
buah nasehat telah masuk


KOMENTATOR

Widget by

KOMENTAR TERAKHIR

VIA:

 
Copyright © Diary Aktivis